Sunday, September 28, 2008

Lagu Pujian untuk Tuhan atau untuk Kesenangan Sendiri?????

Saat ini saya sangat prihatin melihat dan mendengar lagu pujian untuk Tuhan yang terkesan seperti untuk kesenangan sendiri. Ini bisa dilihat dari banyaknya lagu - lagu pujina yang memakai band.

Apa sebenarnya definisi lagu pujian untuk Tuhan????
Lagu pujian untuk Tuhan adalah lagu untuk memuji Tuhan, jadi kita harus membuat sedemikian sehingga lagu itu disenangi Tuhan bukan untuk kesenangan sendiri.

Saya sering mendengar lagu yang menggunakan band itu bukan untuk kemuliaan Tuhan tapi lagu itu dibuat agar yang mendengar mendapat kesenangan sendiri dan dibangkitkan emosinya.

Alat musik yang dipakai pun sudah tidak sesuai. Lagu pujian sekarang untuk Tuhan sekarang memakai gitar listrik. Padahal gitar listrik dibuat dari "merusak" esensi gitar itu sendiri. Itu mencerminkan kita tidak menghargai karunia Allah yang mengilhami orang pembuat gitar. Alat musik seperti piano, biola, gitar sudah mulai ditinggalkan diganti drum, gitar listrik.

Apakah Tuhan mau musik itu berasal dari alat musik yang sudah bagus tapi dirusak esensinya???

15 comments:

Archi said...

utk postingan kali ini, pendapat saya... entah yah...

soal gitar listrik yg merusak esensi gitar klasik, saya setengah setuju, tp jg ga...

soalnya gitar listrik memang "membunuh" gitar klasik & akustik dgn sistem semacam overtune dkk...

tapi kalo diliat dari sudut pandang "sekedar menciptakan pengembangan baru dari gitar" saya rasa hal itu sah2 saja..

soal lagu rohani dgn band.. entahlah.. btw, ini no offense yah

pendapat saya, lagu rohani yg memakai penyanyi band dkk, lebih berorientasi ke arah menarik minat anak muda utk memuji Tuhan..

lagu2 rohani yg dulu pada umumnya adalah lagu2 melow, ada yg tidak menyukainya(terutama kaum ank muda). maka dari itu, dibuatlah konsep baru utk lebih mengajak anak muda lebih dekat dgn Tuhan melalui nyanyian, yaitu dgn cara merubah sistem & aliran musik lagu itu sendiri...

kalo masalah utk kesenangan sendiri ato utk Tuhan, saya berpendapat hal ini relativ..

saya setuju kalo sbnrnya ga penting apapun jenis lagunya, tujuannya yg penting (Utk Tuhan). jadi sbnrnya mau lagu itu melow, klasik, pop, rock, ato jgn2 ada lagu rohani yg pake aliran indie, progressive, electro, house music? hehehe

tapi diliat dr pikiran org yg kadang bilang "ah, moh.. lagu rohani iki cupu.. jelek.. ga seru, lebih seru kalo pake drum, gitar listrk, dkk.." saya rasa itu gak bs dibenarkan juga...

alasan kyk gitu IDEALNYA bukan jadi halangan orang buat memuji Tuhan. itu seh alasan kita utk tidak menyukai suatu lagu. misalnya, saya tidak suka lagu indo, soalnya ga sreg di telinga.. gitu masuk akal... tapi kalo alasan macam itu digunakan utk TIDAK MEMUJI TUHAN, hal itu sangat salah

kalo diliat dr kesukaan orang trhdp jenis2 musik tertentu itu jg gak bisa disalahkan seh.. mungkin dy punya pendapat,"saya lebih sreg memuji Tuhan dgn cara saya, cara yg benar2 saya sukai, sehingga saya bs lbh khusuk dalam menghayatiNya".. alasan semacam itu jg masuk akal...

nah, intinya, saya tidak mendukung lagu2 rohani dgn band, atopun lagu2 rohani yg melow...

saya mendukung iman kita utk tetap berada di jalan Tuhan! ^^ jgn jadikan musik sebagai alasan perpecahan, ok?? project pop aja bilang musik tuh salah satu cara utk menyatukan kita.. hehehe

ingat, apapun musiknya, tujuannya Tuhan juga! ^^

~Wang~ said...

Kalau begitu saya mau tanya apakah Tuhan mengikuti kita atau kita mengikuti Tuhan???? Kita mengikuti maunya Tuhan atau Tuhan yang harus mengikuti kemauan kita????

ex said...

tuhan mencipatakan manusia agar dapat berkembang berarti ia menyetujui perkembangannya
bila tidak tentu saja tuhan akan menciptakan manusia yang tidak bisa berkembang

ye said...

Human's mind adapts
gak selalu tetep terus pemikirannya

God makes human's mind adapts
jadi Tuhan membuat manusia melakukan apa yg diinginkannya untuk menyembahNya

Kalo aq seh
ROhani yg dimainkan band2 itu tujuannya agar remaja2 yg males kalo denger lagu yg sebenarnya punya makna dalam ttg Tuhan jadi seneng denger lagu, dan mengerti maknanya

jadi cuma cara penyampaiannya bedaa
dan gak selalu dan selalu mellow terus kan, kalo gitu terus dulu y manusia jaman batu gak kembang2

once again
Human's mind adapts

Act² said...

ini menurut gw

kl gw bilang memuji Tuhan tuh ada banyak macemnya

g harus yg gimana sehingga stagnasi di itu2 saja

saya ambil contoh untuk misa di agama Katolik ( maap ini bukan menjatuhkan ato SARA ato gimana hanya info doank) menurut saya membosankan bangets
g ada excitement

beda kl di kebaktiannya Kristen (skali lagi bukan maksud SARA)

lagian mengenai itu kan emang ada banyak band2 yg tujuannya memuji Tuhan kalo saya bilang

saya ambil contoh ada TW ato GMB

ada juga yang laen yg saya g taw
hehehe

tentang hal itu sebenarnya saya rasa jg g tepat

karena menurut saya betul ap yg dikatakan saykoji yg lalu bahwa memuji Tuhan itu g harus gitu2 aj
ada banyak cara untuk memuji Tuhan dan mereka memuji Tuhan dengan cara mereka

itu menurut saya
dan saya rasa itu benar karena mereka menggunakan talenta yg diberikan Tuhan dengan baik

sekian dan terima kasih

Sekali lagi ini tidak bermaksud untuk SARA dsb dkk
hanya pendapat

tq GBU

~Wang~ said...

Kalau gw denger TW atau GMb, gak bisa dapet makna dari lagu itu, plg cmn emosi dibangkitkan.

@ye : Berarti secara tidak langsung anda blg lagu itu harus mengikuti kemauan kita bukan kemauan Tuhan????

Yg saya mau tekankan apakah Tuhan yg harus mengikuti arus zaman????

Act² said...

@wang : menurut saya sih bukan gitu
Tuhan menciptakan manusia kan dibuat sedemikian hingga manusia itu berkembang mengikuti jaman
Nah, Tuhna pasti sudah tahu akan hal itu jadi saya rasa itu tidak bertentangan

~Wang~ said...

@act : Tuhan sudah tahu akan perkembangan zaman, sebab itu adalah own free will dari manusia. Apakah mengikuti zaman ke arah + atau - ???

Act² said...

@wang : entahlah

ARCHI said...

skali lg menurut saya, EMANG KITA TAHU MAUNYA TUHAN GIMANA???

maunya Tuhan, kita mengembangkan dunia ini sesuai ajaran-Nya, cinta kasih...

masalahnya ekspresi cinta kita trhdp Tuhan itu bermacam2...

Tuhan tidak pernah bilang "Pujilah Aku dengan lagu melow" ato "Pujilah Aku dengan lagu2 yg semangat!!"

lagipula TUHAN TIDAK PERNAH MENYURUH UMATNYA MEMUJINYA DENGAN CARA2 KHUSUS.. MELALUI HAL SEDERHANA, SEPERTI MENOLONG ORANG LAIN AJA, KITA SUDAH MEMUJI TUHAN!

kasarannya, kita ga bs bilang kalo Tuhan tuh sukanya musik melow ato musik rock.. jdnya saya rasa ga ada istilah kita mengikuti selera Tuhan ato Tuhan mengikuti selera kita..

yg ada, kita sama2 memuji Tuhan ^^ gak usa nyanyi ato ikut kebaktian/ misa juga bs muji Tuhan kok ^^

bgtu menurut saya... peace yah! no offense buat smuanya ^^

mari bersatu dalam Tuhan!

@wang : emang bukan kita yg nentuin selera Tuhan. saya stuju, tp ap Tuhan emang suka dgn jenis musik2 tertentu? saya tidak tahu & setahu saya tidak ^^

@ACT : TW, GMB emang gak jelek kok, tp emang, emosinya gak dapet kalo buat saya... hehehe.. maap.. saya dgrnya yah lagu itu bikin emosi orang melonjak, tp intie gak dapet di feeling saya.. ^^' heheheh
tp gak jelek kok ^^ bagus

cin said...

knp kt bisa bilang tuhan maw gini maw gitu..kalo untuk hal yang ada hitam putihnya, kita bisa melihat dari sisi mana yg lebih baik.. tapi kalo sudah soal lagu, bukankah itu soal selera?tidak bisa dibilang mana yg baik mana yg buruk.

lagian, saya rasa tuhan bukan pribadi yg gila hormat sampai kita harus menyembah dia dg cara yg paten dan harus sesuai standar tertentu.

p.s NEK PAKE NICKNAME XG GENAH DOL!!!

~Wang~ said...

Hahaha... Untuk yang ini saya memberi tahu saja. Bahwa pemakaian alat musiknya yg lbh saya tekankan. Sudah saya jelaskan mengapa pemakaian alat seperti gitar listrik itu mestinya tidak diperbolehkan, karena itu merusak esensi gitar itu sendiri.

Contoh saja kita punya sebuah barang tapi barang itu dimodif sedemikian rupa sampai esensi barang itu berubah dan kita tidak menyukainya. Bagaimana pendapat anda????

~Wang~ said...

Ini ada komentar dari tmn gw Jakarta yg baca blog, org ini mendalami musik kekristenan

to archi:
kenapa kita yang harus tunduk pada selerah anak muda?kenapa kita harus serupa dengan dunia?bukankah Alkitab telah mengatakan janganlah serupa dengan dunia ini??
"apapun musiknya, tujuannya Tuhan juga"?
km blajar dulu filosofis dari setiap jenis genre musik yg ada skg.dari jazz,pop,dll.waktu agustus lalu disurabaya ada seminar tentang music in worsip kalian ga datang??
maunya Tuhan?baca Alkitab sana.

to cin:
Tuhan bukan pribadi yg gila hormat?coba km baca hukum taurat.oke,memang Tuhan ga butuh hormatmu, tetapi itu seharusnya responmu yang sudah diselamatkan.

Martin_the_bigcactus said...

hei MEN!!! jdlah orang yang terus ngikuti zaman... Tuhan memberikan qt akal budi dan hikmat bila maka perggunakanlah itu... terkadang aq berpikir org2 kristen terlalu berpikir secara EKSKLUSIFITAS dimana qt adalah orang spesial untuk menjangkau jiwa qt harus keluar gereja bukan hanya tinggal untuk mendapatkan lebih lanjut lagi qt harus beradaptasi bt mereka contoh mengapa qt menganggap "asalamualaikum" itu hanya buat orang islam dan terkadang da orang yang mikir ngomong itu NAJIS tp pd kenyataan "asalamulaikum adalah "syalom" dalam bahasa arab yang mempunyai arti "salam sejahtera".kembali ke topik seperti yang uda gua jelasin(ada yg OOT sich!) Tuhan ingin qt memuji dia apapun caranya kerajaan Tuhan adalah kerjaan yang dimanis bukanlah kerjaan yang bersifat status quo yang terus mempertahankan diri.jd bagaimana caramu memuji Tuhan itu g masalah asal disitu kamu mempunyai HIKHMAT di dalamnya

Martin_the_bigcactus said...

oa bt GMB n TW klo gua pribadi saya dapat esensinya tuh...
saya benar diberkati dari lagu2 mereka yang membangun
@act:qt berjuang di untuk mempopulerkan TW dan GM krn lagunya bagus2 huehuehuehuehuehue

oa sbg penyuka gitar memainkan atau mendengarkan gitar listrik dan gitar akustik mempunyai feel yang jauh berbeda dan je2nya sangatlah indah

so ngapain mikir pk gitar listrik g boleh? klo perlu pk DJ jg ASAL G KLUAR KONTEKS Y... yg penting kan HATI qt y tho....